Peluang Usaha Ternak Hamster Untuk Pemula

Peluang Usaha Ternak Hamster Untuk Pemula Lengkap - Menjadi hewan lucu mungil seperti tikus,hamster adalah salah satu hewan yang peranakannya sangat cepat sekali. Sepasang hamster bisa membuat anak menjadi 10-20 hamster. Bagi sebagian orang bisnis ternak hamster ini merupakan bisnis yang menjanjikan,dengan catatan target penjualan kepada orang-orang yang hobi memelihara hamster. Kisaran harga hamster sendiri cukup murah sekitar Rp.25.000-Rp.50.000 saja. Berbagai macam jenis hamster juga bisa dipilih. Karena tipe hamster tidak hanya satu clan saja.

Bagi para pemula untuk memulai usaha ternak hamster ini dibutuhkan kesiapan modal dan pengetahuan tentang hamster. Karena bila berternak hamster tidak tahu ilmu nya maka akan menjadi sia-sia dan gagal. Apalagi perawatan anaknya yang harus extra hati-hati,karena anak hamster yang baru dilahirkan sangatlah perlu dirawat dengan baik dan benar.

Peluang Usaha Ternak Hamster Untuk Pemula


Bagi anda yang sedang mencari referensi peluang usaha ternak hamster,anda sangat tepat sekali memilih membaca artikel ini. Karena kami akan memberikan tips bagaimana ternak hamster yang benar dan baik. Serta bisa membudidayakan hamster.

Cara Budidaya Ternak Hamster


1. Pilih Jenis Hamster Induk Yang Benar
Ada hamster kanibal yang memakan anak dan spesies hamster satu sama lain yaitu hamster jenis campbell. Maka dari itu kami sarankan untuk memilih spesies jenis lain seperti syrian,white winter,roborovski dan hamster Tiongkok. Dengan begitu proses ternak akan berjalan dengan baik. Pastikan juga bila induk hamster benar-benar siap untuk melahirkan anak-anaknya.

2. Kandang Hamster Yang Besar
Pilihlah kandang hamster yang besar dan dibersihkan bila sudah bau. Kandang hamster yang bisa anda pilih yaitu akuarium khusus hamster atau kandang hamster besar yang terbuat dari besi. Jangan yang terbuat dari plastik,karena gigi hamster tajam. Sewaktu waktu bisa digerogoti dan kabur dengan mudah. Buat nyaman hamster di kandang,agar proses kawin dan beranak mudah dan cepat.

3. Merawat Hamter Yang Benar
Saat akan melahirkan biasanya jantan akan kabur memilih untuk tidak bersama dengan betina. Memang harus ada kandang hamster lain untuk menaruh jantan saat betina akan melahirkan. Selain itu,saat proses melahirkan jangan pisahkan anak hamster dari induknya. Karena anaknya butuh asi untuk tetap hidup. Ada kemungkinan anak-anak tersebut dimakan,karena belum siap jadi orang tua. Tetapi,untuk melahirkan selanjutnya biasanya akan disusui.

Jaga terus kandang hamster untuk bersih,berikan makanan sehat hamster. Baik itu sayuran,kacang atau buah. Bagi saya pemilik hamster biasa memberikan tauge untuk asupan nutrisi minuman dan diberikan makanan lainnya. Bila serbuk hamster sudah bau,harus langsung dibersihkan agar hamster tidak sakit dan merasa kebauan.

Analisa Modal Peluang Usaha Ternak Hamster


4 Pasang Induk Hamster Siap Kawin = 8 hamster x Rp.25.000 = Rp.200.000

Harga Akuarium/Kandang Hamster Yang Besar = 4 Kandang x Rp.50.000 = Rp.200.000


Pengeluaran Setiap Bulan Untuk Hamster

Harga Serbuk Hamster Untuk Sebulan : Rp.10.000 (2 Serbuk Hamster Besar)

Harga Makanan Hamster Untuk Sebulan Bervariasi : Rp.50.000-Rp.100.000

Perbulan anggap saja Rp.110.000

Berhitung Keuntungan Dan Kerugian Ternak Hamster

Sekali Melahirkan bisa 5-10 anak ada kemungkinan dimakan. Bila sudah pada mati anggap saja sisa 5 anak. 5 anak dari 4 induk = 20xharga 1 anak hamster Rp.10.000 = Rp.200.000 ada rugi berati Rp.110.000 atau lebih. Bila ada anak yang mati tak mendapatkan keuntungan. Tetapi,untuk permulaan kerugian adalah hal yang wajar. Tak selamanya harus untung. Karena dalam bisnis diperlukan sebuah proses. Semakin banyak induk semakin banyak keuntungan.


Nah,itulah tadi tips ternak hamster untuk pemula. Semoga saja bisa dijadikan referensi untuk anda yang ingin mencoba ternak hamster. Untuk memelihara hamster sendiri sangatlah mudah,yang terpenting jangan sampai terkena air. Karena bisa terkena penyakit dan berakibat mati. Jauhkan juga dari predator seperti kucing dan hewan lain. Karena bagi beberapa hewan hamster sering dikira tikus. Anda harus menjaga hamster dengan baik dan benar juga. Semoga bermanfaat,terima kasih telah membaca artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel